Otomotif

Kemunculan Mobil Listrik yang Langsung Jadi Produsen Otomotif Dunia

Frankfurt Motor Show 2019 menjadi ajang masuknya produsen mobil besar Eropa ke pasar kendaraan listrik sejalan dengan perkembangan regulasi di Benua Biru.

Di ajang tahunan ini, Mercedes-Benz dan Porsche menampilkan mobil listrik mewah. Ini tidak lain adalah cerminan dari upaya industri otomotif Eropa untuk menghindari denda dari peraturan terkait polusi Eropa. Mercedes-Benz mulai fokus memasarkan kendaraan listrik canggih.

Strategi ini tidak hanya diterapkan oleh Mercedes-Benz. Daimler, Volkswagen dan BMW telah melakukan hal yang sama. Mereka berharap dapat membujuk pembeli untuk membuang model SUV bertenaga bensin yang hanya akan menghadapi denda dari peraturan emisi UE.

Di sisi lain, mereka juga berusaha menghindari kritik dari para aktivis pro lingkungan. Gorden Wagner, chief design officer Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz, mengatakan pihaknya telah mengubah pandangan mereka terhadap kendaraan listrik. Ia bahkan menggambarkan industri mobil listrik sebagai sesuatu yang mengasyikkan.

Reuters mengutipnya pada Selasa (9/10/2019) yang mengatakan, “Kami tidak lagi melihat mobil listrik sebagai tantangan mekanis. Mobil listrik sekarang mengasyikkan.”

Tycan Porsche Tycan / Porsche AG Pada acara tersebut, mereka membawa mobil konsep Mercedes-Benz Vision EQS, sebuah mobil listrik empat pintu. Mobil ini juga mengusung konsep ramah lingkungan dengan dukungan material plastik yang digunakan pada interiornya.

Model ini diharapkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, baik penggiat lingkungan maupun pecinta mobil mewah. Porsche dan Volkswagen juga mengusung konsep serupa. Porsche memamerkan Taycan, mobil sport empat pintu dengan jangkauan 450 km. Sedangkan Volkswagen menawarkan model ID3 yang kompak. Keduanya adalah mobil listrik yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *